Detail Cantuman

MAKNA TEOLOGIS FRASA Βαρύτερα Τοῦ Νόμου DALAM MATIUS 23:23 DAN IMPLEMENTASINYA BAGI ORANG PERCAYA MASA KINI

MAKNA TEOLOGIS FRASA Βαρύτερα Τοῦ Νόμου DALAM MATIUS 23:23 DAN IMPLEMENTASINYA BAGI ORANG PERCAYA MASA KINI


Matius 23:23 ini berbicara tentang hukum Musa, dimana hukum Musa memerintahkan untuk memberikan bagian sepersepuluh dari hasil bumi. Ketika Yesus melihat bagaimana mereka membebankan sampai kepada tumbuh-tumbuhan yang paling kecil juga menjadi perpuluhan, disini Yesus mengecam Ahli Taurat dan orang Farisi ini, karena mereka melakukan sesuatu yang tidak lebih penting. Yang kecil diperhatikan untuk dilakukan bersama perpuluhan tetapi tidak memperhatikan yang lebih berbobot atau yang lebih bernilai atau lebih berat nilainya (βαρύτερα τοῦ νόμου) yaitu keadilan, belas kasihan dan kesetiaan untuk mereka lebih perhatikan. Ketiga hal penting tersebut sering dikesampingkan oleh para ahli Taurat dan orang-orang Farisi padahal mereka mengaku bahwa mereka sudah melakukan ibadah yang benar. Hal inilah yang dikecam oleh Tuhan Yesus karena tidak sesuai dengan karakteristik dari sebuah ibadah yang benar di mana adanya sikap hati yang salah ataupun motivasi yang salah yang dilakukan oleh orang-orang Farisi dan ahli Taurat karena mereka menjalankan ritual keagamaan hanya untuk dilihat, disanjung, dan dihormati oleh orang-orang yang ada pada saat itu.
Berdasarkan permasalahan diatas maka penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatannya study eksegesa tekstual, analisis, gramatikal, historikal, dan kontekstual. Metode ini berusaha untuk mengerti suatu teks dengan melihat secara detail aturan gramatikal dan sastra, fakta historis, dan kerangka konteks. Metode ini mempelajari teks berdasarkan konteksnya dan sejarah kitab Matius. Dari metode ini dapat ditemukan bahwa hukum yang terpenting tidak hanya melakukan ritual keagamaan saja saja melainkan harus ada dari ibadah adalah keadilan, belas kasihan dan kesetiaan.

Kata kunci : Makna, Βαρύτερα Τοῦ Νόμου, Ritual Keagamaan, Keadilan, Belaskasihan, Kesetiaan, Orang Percaya.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab -
Pengarang Hana - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil 90698
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi/Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit STT Tawangmangu
Deskripsi Fisik -
Info Detil Spesifik -

  Tags :

Citation

. (2020).MAKNA TEOLOGIS FRASA Βαρύτερα Τοῦ Νόμου DALAM MATIUS 23:23 DAN IMPLEMENTASINYA BAGI ORANG PERCAYA MASA KINI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Address

Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Kalisoro RT 01 RW 04 Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah 57792
E: stt-tawangmangu@stt-tawangmangu.ac.id