Detail Cantuman

PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PAK PESERTA DIDIK KELAS 5A SD NEGERI CEMARA DUA SURAKARTA

PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PAK PESERTA DIDIK KELAS 5A SD NEGERI CEMARA DUA SURAKARTA


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang timbul dari peserta didik kelas 5A SD Negeri Cemara Dua Surakarta, khususnya pada proses pembelajaran PAK. Untuk itu penelitian ini membahas bagaimana penerapan model quantum learning dalam peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar PAK peserta didik kelas 5A SD Negeri Cemara Dua Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model quantum learning dalam peningkatan motivasi belajar dan hasi belajar PAK peserta didik kelas 5A SD Negeri Cemara Dua Surakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Suharsimi Arikunto yang dilakukan dalam II siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaborasi antara peneliti dan pendidik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 5A SD Negeri Cemara Dua Surakarta dengan jumlah 9 orang peserta didik, yang terdiri dari 5 orang peserta didik laki-laki dan 4 orang peserta didik perempuan.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berdasarkan instrument penelitian yaitu; observasi, tes, dan dokumetasi. Observasi secara khusus mengumpulkan data motivasi belajar PAK peserta didik kelas 5A, Sedangkan tes secara khusus mengumpulkan data hasil belajar PAK peserta didik 5A, dan dokumentasi khususnya mengumpulkan data salama penelitian berlangsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah naratif kualitatif. Melalui hasil observasi peserta didik kelas 5A di siklus I, diketahui peningkatan motivasi belajar PAK peserta didik kelas 5A mencapai 75,14%, sedangkan di siklus II peningkatan motivasi belajar PAK peserta didik kelas 5A mencapai 94,96%. Melalui hasil tes uraian bebas yang diberikan kepada peserta didik kelas 5A di siklus II, diketahui peningkatan hasil belajar PAK peserta didik kelas 5A mencapai 75,55%, sedangkan di siklus II peningkatan hasil belajar PAK peserta didik kelas 5A mencapai 95,55%.
Berdasarkan pemaparan hasil penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model quantum learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar PAK peserta didik kelas 5A SD Negeri Cemara Dua Surakarta.

Kata kunci: Penerapan, Model Quantum Learning, Peningkatan, Motivasi Belajar PAK, Hasil Belajar PAK


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab -
Pengarang RIVANDI YOROH - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil 90694
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi/Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit STT Tawangmangu
Deskripsi Fisik -
Info Detil Spesifik -

  Tags :

Citation

. (2020).PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PAK PESERTA DIDIK KELAS 5A SD NEGERI CEMARA DUA SURAKARTA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Address

Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Kalisoro RT 01 RW 04 Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah 57792
E: stt-tawangmangu@stt-tawangmangu.ac.id