Detail Cantuman

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PAK PADA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAY DI KELAS SDN 01 TAWANGMANGU

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PAK PADA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAY DI KELAS SDN 01 TAWANGMANGU


Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas II SDN 01 Tawangmangu kurang optimal karena berdasarkan pengamatan awal, motivasi belajar peserta didik masih rendah. Hal ini terlihat dari peserta didik yang tidak mendengarkan penjelasan pendidik, peserta didik kurang konsentrasi, pasifnya peserta didik, dan kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan perbaikan melalui penerapan metode role play pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas II SDN 01 Tawangmangu.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu satu kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II beragama Kristen sebanyak 4 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dengan capaian hasil persentase 77,1% dengan (baik) dan pada siklus II mencapai 91,6% (sangat baik). Dari aktivitas pembelajaran pendidik pada siklus I dengan capaian hasil persentase 92% (sangat baik) dan pada siklus II mencapai 95% (sangat baik). Dari hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan capaian hasil persentase 90% (baik) dan pada siklus II mencapai 93% (sangat baik).
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah melalui metode role play dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas II SDN 01 Tawangmangu.

Kata kunci: Peningkatan, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Kristen, Metode Role Play


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab -
Pengarang Ferry Yossy Andreas - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil 90683
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi/Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit STT Tawangmangu
Deskripsi Fisik -
Info Detil Spesifik -

  Tags :

Citation

. (2020).PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PAK PADA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAY DI KELAS SDN 01 TAWANGMANGU.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Address

Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Kalisoro RT 01 RW 04 Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah 57792
E: stt-tawangmangu@stt-tawangmangu.ac.id