Detail Cantuman

PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DALAM PELAJARAN BINA ROHANI KELAS B TK PERWITA ASIH TAWANGMANGU

PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DALAM PELAJARAN BINA ROHANI KELAS B TK PERWITA ASIH TAWANGMANGU


Minat belajar peserta didik merupakan salah satu kunci keberhasilan proses pembelajaran. Peneliti menemukan bahwa rendahnya minat belajar peserta didik kelas B TK Perwita Asih Tawangmangu pada prapenelitian (observasi awal). Rendahnya minat belajar peserta didik pada kelas B TK Perwita Asih Tawangmangu ditandai dengan rendahnya perasaan senang, rendahnya perhatian, dan rendahnya ketertarikan peserta didik mengkuti pelajaran bina rohani. Sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul Peningkatan Minat Belajar Menggunakan Alat Peraga Dalam Pelajaran Bina Rohani di Kelas B TK Perwita Asih Tawangmangu tahun 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki masalah redahnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran bina rohani. Adapun metode penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas bersifat kolaborasi. Di mana yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas B sebanyak 14 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan di Taman Kanak-kanak (TK) kelas B Perwita Asih, Tawangmangu, Jawa Tengah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes (tes tertulis dan tes lisan), observasi (pendidik dan peserta didik), Wawancara (dengan pendidik), dokumentasi dan catatan lapangan sebagai pendukung dalam penelitian ini. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya Peningkatan Minat Belajar Menggunakan Alat Peraga Dalam Pelajaran Bina Rohani Pada Peserta Didik Kelas B TK Perwita Asih Tawangmangu. Hasil Pratindakan menunjukkan minat belajar peserta didik hanya 41%, dan mengalami peningkatan pada siklus 1 dengan hasil tes tertulis peserta didik mencapai hasil 82,1%, sedangkan pada siklus II meningkat mejadi 100%, Dari hasil lembar observasi keterlaksanaan belajar peserta didik pada siklus I mencapai hasil 80%, dan meningkat pada siklus II mencapai hasil 96%. Dari paparan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa alat peraga gambar dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas B TK Perwita Asih Tawangmangu.

Kata Kunci: Peningkatan, Minat Belajar, Bina Rohani, Alat Peraga.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Asli tulisan dari penulis
Pengarang Julia Galung - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil 2020001
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi/Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit STT Tawangmangu
Deskripsi Fisik Sudah diperiksa
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2020).PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DALAM PELAJARAN BINA ROHANI KELAS B TK PERWITA ASIH TAWANGMANGU.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Address

Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Kalisoro RT 01 RW 04 Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah 57792
E: stt-tawangmangu@stt-tawangmangu.ac.id