Detail Cantuman

Konsep dimerdekakan dari dosa menurut Kitab Roma 6:15-23 dan implikasinya bagi orang percaya

Konsep dimerdekakan dari dosa menurut Kitab Roma 6:15-23 dan implikasinya bagi orang percaya


Penelitian tentang dimerdekakan dari dosa ini bertujuan untuk menjelaskan tentang hidup dimerdekakan dari dosa sebagai tanggung jawab orang percaya yang sudah menerima kasih karunia. Sehingga pemahaman orang Kristen yang salah tentang hakikat kasih karunia Allah dapat dipahami dengan baik dan tidak digoyahkan dengan ajaran-ajaran yang menyimpang dari kebenaran.
Penelitian ini menggunakan metode eksegesa, yaitu menggali sedalam-dalamnya apa yang tertulis di dalam Alkitab, sehingga kebenaran yang diperoleh merupakan kebenaran yang sebenar-benarnya, sehingga tidak ada potensi untuk menyesatkan orang Kristen yang membaca hasil penelitian ini.
Kebenaran yang tercatat di dalam Alkitab, yang jarang disadari oleh banyak orang, yaitu bahwa kasih karunia itu diberikan bukan untuk digunakan sebagai kesempatan berbuat dosa. Akan tetapi, dengan kasih karunia kita dibenarkan sehingga kita harus menghidupi kehidupan kita sebagai orang yang telah dibenarkan dengan tidak lagi hidup menjadi hamba dosa.
Berdasarkan fakta tersebut, maka penulis berusaha memaparkan tentang kasih karunia yang membuat seseorang dimerdekakan dari dosa: Satu, kasih karunia diberikan bukan untuk disalahgunakan. Dua, apabila kita menyerahkan diri kepada seseorang sebagai hamba, kita adalah hamba orang itu. Ketika kita menyerahkan diri kepada dosa, berarti kita adalah hamba dosa. Sebaliknya, ketika kita menyerahkan diri kepada kebenaran kita adalah hamba kebenaran. Tiga, manusia dimerdekakan dari dosa oleh Allah dan dijadikan hamba kebenaran. Empat, pengudusan merupakan sebuah proses dalam kehidupan yang harus dikejar oleh setiap orang percaya. Lima, orang yang sudah dibenarkan oleh karena kasih karunia harus berbalik dari dosanya dan bertobat apabila melakukan kesalahan. Enam, orang percaya harus memahami bahwa upah dosa ialah maut. Karena dosa bertentangan dengan hakikat Allah yang kudus, maka ketika kita menjadi hamba dosa kita terpisah dari Allah.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab -
Pengarang Andriyas Kurniawan - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil 90687
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi/Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit STT Tawangmangu
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2020).Konsep dimerdekakan dari dosa menurut Kitab Roma 6:15-23 dan implikasinya bagi orang percaya.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Address

Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Kalisoro RT 01 RW 04 Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah 57792
E: stt-tawangmangu@stt-tawangmangu.ac.id